BIMBEL Bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SITANALA dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia (TFI)
Laporan ke-1 Character Building:
Kewarganegaraan (Bimbel)
Kelas : LF21
Dosen : Bapak Agus
Masrukhin (D3739)
Waktu : Rabu, 7
Oktober 2015
Jam : 14.00 - 16.00
Jumlah peserta : 5
Lokasi Mengajar :
Sintanala, Tangerang
Anggota yang
hadir :
·
Fadhilah Aninda Kalisa
-- 1801440420
·
Chudi Adany --
1801428743
·
Sri Nurhayati --
1801421592
·
Hanny Alyani Fadlita
-- 1801421333
·
Ersa Dwika Susanti --
1801438183
Anggota yang tidak
hadir : -
Kelompok kami mengambil hari mengajar bimbel setiap hari rabu
pada jam 2 siang. Tanggal 7 Oktober 2015 adalah hari pertama kami mengajar
bimbel ini di daerah Sintanala, Tangerang. Sebelum kami memulai mengajar,
Fadhilah sebagai ketua kelompok mengkoordinasikan mengenai waktu mengajar Jam 2
siang, semua anggota harus sudah berada di lokasi karena memang itu sudah waktu
yang ditentukan oleh pihak bimbel di Sintanala. Kendalanya adalah beberapa
anggota kelompok belum tau lokasinya sehingga anggota yang tempat tinggalnya
jauh harus benar-benar berangkat lebih pagi karna khawatir tidak bisa sampai
tepat waktu. Kami berkumpul jam 12 siang di area kampus Binus Alam Sutera untuk
berangkat ke lokasi tujuan bersama-sama karena sebelumnya kami belum pernah ke
lokasi itu dan kami juga dipandu oleh kelompok lain yang akan mengajar bimbel
juga di Sintanala. Sampailah kami di lokasi bimbel Sintanala yang hanya
menempuh perjalanan selama 30 menit dari Alam Sutera. Pada hari pertama ini,
anggota kelompok kami lengkap untuk mengikuti kegiatan mengajar bimbel ini.
| 1. Hanny Alyani 2. Fadhilah Aninda 3. Sri Nurhayati 4. Chudi Adany 5. Ersa Dwika |
Karena kami datang lebih cepat satu jam maka kami harus menunggu
sampai jam 14.00. Proses belajar mengajar disini sangat patuh oleh waktu, jadi
sebelum jam 14.00 kelas belum bisa dimulai. Jam tangan sudah menunjukkan angka
2 maka waktunya kami mengajar, tetapi Bu Sri, orang yang bertanggung jawab di
bimbel ini, belum datang juga. Dan menurut salah satu anggota kelompok kami
yang sudah pernah mengajar disini, bila Bu Sri belum datang walaupun sudah jam
14.00, maka kelas harus tetap dimulai.
Untuk mengawali kelas, kami harus mengumpulkan adik-adik untuk
berdoa terlebih dahulu. Salah satu anak yang sudah SMP memimpin pembacaan doa
Al-Fatihah dan lanjut memberi salam kepada kakak-kakak yang akan mengajar
mereka (Mahasiswa Binus). Setelah selesai, kami mulai memperkenalkan diri
kepada adik-adik nama kami satu persatu, Lalu kemudian Bu Sri datang, ia
memperkenalkan diri kepada kami, Mahasiswa Binus, dan selanjutnya beliau
mempersilahkan kami untuk memulai proses belajar mengajar.
| 1. Hanny Alyani 2. Fadhilah Aninda |
Sebelum memulai mengajar, saya, Fadhilah, menanyakan terlebih
dahulu kelas berapa mereka dan apa yang akan mereka tanyakan pada saya. Saya
mengajar 3 anak, 1 anak kelas 2 SMP, dan 2 anak kelas 1 SMP. Mereka meminta
saya mengajarkan pelajaran Matematika, karena mereka sedang minggu ulangan.
Pada anak kelas 7 saya mengajarkan materi fungsi dan relasi, pada awalnya saya
mengajarkan berdasarkan soal-soal yang ada di buku mereka, lalu kemudian saya
memberi soal kepada mereka untuk latihan agar mereka makin mengerti. Untuk anak
kelas 8 saya mengajarkan materi aljabar. Sama seperti anak kelas 7, saya
mengajarkan melalui soal kemudian memberikan soal latihan yang saya buat
sendiri,
Pada hari pertama mengajar, saya, Hanny, berkenalan dengan anak
yang akan saya ajarkan. Saya mengajar 1 anak kelas 1 SMP. Saya mengajarkan
pelajaran Olahraga, karena dia ada tugas pr yang harus dikumpulkan keesokan
harinya. Materi pr olahraga tersebut tentang permainan sepak bola. Saat anak
tersebut kesulitan menjawab soalnya saya membantu mencari kan jawbannya.
Setelah selesai mengerjakan pr, saya menanyakan lagi soal - soal yang sudah
dikerjakannya tadi, agar dia ingat dan tidak lupa dengan materi yang telah dia
pelajari tadi. Setelah itu, saya menanyakan soal - soal di materi sebelumnya.
Saya, Chudi, sebelum belajar saya berkenalan dengan anak anak yang saya
ajarkan. Saya mengajar 5 anak kelas 1 SD. Ini merupakan pengalaman pertama saya
untuk mengajar, saya mengajarkan Matematika dasar seperti penjumlahan dan
pengurangan. Saya akui mereka sangat semangat untuk belajar dan saya pun ikut
semangat dalam mengajar. Diantara 5 anak itu ada juga yang belum bisa membaca,
jadi saya juga mengajarkan membaca. Pada hari itu setiap anak saya kasih soal
latihan matematika 10 nomor. Setelah selesai mengerjakan soal latihan yang saya
kasih, saya ajarkan perkalian. Perkalian dasar 1-5, lalu saya kasih soal
latihan kembali. Tetapi ada juga ada yang tidak mau mengerjakan soal-soal
latihan karna dia hanya ingin bermain saja, tidak mau belajar. Kalo ada anak yang
seperti ini biasanya langsung dikasih tau kepada Bu Sri agar anak tersebut mau
ikut belajar. Setelah selesai semuanya mereka meminta saya untuk membuatkan
soal lagi untuk pr, lalu saya membuatkan soal untuk pr mereka. Lalu saya
membuat pertanyaan untuk mereka agar mereka terlatih untuk menghitung cepat,
dan menanyakan materi nperklian yang sudah saya berikan tadi untuk mengingat
kembali apa yang sudah dipelajairi.
![]() |
| 1.Sri Nurhyati 2. Ersa Dwika |
Saya, Ersa, sebelum belajar saya berkenalan dengan anak anak
yang saya ingin ajarkan. Saya mengajar anak kelas 1 SD 2 orang. Pertama-tama
saya menanyakan materi apa yang akan dipelajari hari ini. Setelah itu, saya
mengajarkan mereka matematika dengan materi penjumlahan, pertambahan dan
perkalian bilangan kecil. Saya memberikan mereka beberapa latihan soal yang
saya buat sendiri untuk mereka kerjakan. Mereka juga tidak lupa untuk meminta
saya memberikan PR. Sebelum bimbel berakhir, untuk mengisi waktu saya sempat
mengajarkan mereka bahasa inggris.
Saya, Sri, sebelum proses belajar dimulai saya bekenalan
terlebih dahulu dengan anak-anak yang saya ajarkan. pada saat itu saya mengajar
kelas 5 SD mereka berjumlah tiga orang. Pembelajaran yang saya sampaikan adalah
Ilmu Pendidikan Sosial yang mencakup kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia
dan pembagian waktu diwilayah Indonesia. setelah penyampaian materi selesai
saya meminta kepada anak-anak untuk menghafal daerah mana saja yang termasuk
kedalam Indonesia bagian barat (WIB), Indonesia bagian timur (WIT), dan
Indonesia bagian tengah (WITA). Tujuannya agar mereka mengetahui perbedaan
waktu diwilayah Indonesia.
Jam Dinding sudah menunjukkan pukul 15.30, waktunya selesai
mengajar dan Bu Sri meminta adik-adik untuk duduk dengan rapih. Di akhir sesi
belajar ini, bu Sri meminta kami kakak pengajar untuk mengevaluasi materi yang
tadi sudah diajarkan dengan memberikan pertanyaan kepada adik-adik. Satu
persatu bu Sri menyebutkan salah satu nama adik-adik dan menanyakan kepada anak
tersebut siapa yang mengajarkan dia dan materi apa yang telah dipelajari
olehnya. Setelah adik-adik dapat menjawab pertanyaan yang kami berikan, mereka
boleh langsung pulang kerumahnya. Dan begitulah cara kami menutup sesi
belajar-mengajar hari ini.
Berikut adalah Form Evaluasi kelompok kami, yang sudah ditanda
tangani oleh PIC Bimbel Sitanala yaitu Bu Sri Yatmo





Tidak ada komentar:
Posting Komentar