Minggu, 08 November 2015

CB: KEWARGANEGARAAN (BIMBEL - DAY 1)



BIMBEL Bersama TFI
Pengajaran BIMBEL di SITANALA dalam Penerapan Mata Kuliah Character
 Building bersama Teach For Indonesia (TFI)










Laporan ke-1 Character Building: Kewarganegaraan (Bimbel)

Kelas : LF21
Dosen : Bapak Agus Masrukhin (D3739)
Waktu : Rabu, 7 Oktober 2015
Jam : 14.00 - 16.00
Jumlah peserta : 5
Lokasi Mengajar : Sintanala, Tangerang
Anggota yang hadir :
·         Fadhilah Aninda Kalisa -- 1801440420
·         Chudi Adany -- 1801428743
·         Sri Nurhayati -- 1801421592
·         Hanny Alyani Fadlita -- 1801421333
·         Ersa Dwika Susanti -- 1801438183

Anggota yang tidak hadir : -




Kelompok kami mengambil hari mengajar bimbel setiap hari rabu pada jam 2 siang. Tanggal 7 Oktober 2015 adalah hari pertama kami mengajar bimbel ini di daerah Sintanala, Tangerang. Sebelum kami memulai mengajar, Fadhilah sebagai ketua kelompok mengkoordinasikan mengenai waktu mengajar Jam 2 siang, semua anggota harus sudah berada di lokasi karena memang itu sudah waktu yang ditentukan oleh pihak bimbel di Sintanala. Kendalanya adalah beberapa anggota kelompok belum tau lokasinya sehingga anggota yang tempat tinggalnya jauh harus benar-benar berangkat lebih pagi karna khawatir tidak bisa sampai tepat waktu. Kami berkumpul jam 12 siang di area kampus Binus Alam Sutera untuk berangkat ke lokasi tujuan bersama-sama karena sebelumnya kami belum pernah ke lokasi itu dan kami juga dipandu oleh kelompok lain yang akan mengajar bimbel juga di Sintanala. Sampailah kami di lokasi bimbel Sintanala yang hanya menempuh perjalanan selama 30 menit dari Alam Sutera. Pada hari pertama ini, anggota kelompok kami lengkap untuk mengikuti kegiatan mengajar bimbel ini.


1. Hanny Alyani 2. Fadhilah Aninda 3. Sri Nurhayati 4. Chudi Adany 5. Ersa Dwika


Karena kami datang lebih cepat satu jam maka kami harus menunggu sampai jam 14.00. Proses belajar mengajar disini sangat patuh oleh waktu, jadi sebelum jam 14.00 kelas belum bisa dimulai. Jam tangan sudah menunjukkan angka 2 maka waktunya kami mengajar, tetapi Bu Sri, orang yang bertanggung jawab di bimbel ini, belum datang juga. Dan menurut salah satu anggota kelompok kami yang sudah pernah mengajar disini, bila Bu Sri belum datang walaupun sudah jam 14.00, maka kelas harus tetap dimulai.


Untuk mengawali kelas, kami harus mengumpulkan adik-adik untuk berdoa terlebih dahulu. Salah satu anak yang sudah SMP memimpin pembacaan doa Al-Fatihah dan lanjut memberi salam kepada kakak-kakak yang akan mengajar mereka (Mahasiswa Binus). Setelah selesai, kami mulai memperkenalkan diri kepada adik-adik nama kami satu persatu, Lalu kemudian Bu Sri datang, ia memperkenalkan diri kepada kami, Mahasiswa Binus, dan selanjutnya beliau mempersilahkan kami untuk memulai proses belajar mengajar.



1. Hanny Alyani 2. Fadhilah Aninda


Sebelum memulai mengajar, saya, Fadhilah, menanyakan terlebih dahulu kelas berapa mereka dan apa yang akan mereka tanyakan pada saya. Saya mengajar 3 anak, 1 anak kelas 2 SMP, dan 2 anak kelas 1 SMP. Mereka meminta saya mengajarkan pelajaran Matematika, karena mereka sedang minggu ulangan. Pada anak kelas 7 saya mengajarkan materi fungsi dan relasi, pada awalnya saya mengajarkan berdasarkan soal-soal yang ada di buku mereka, lalu kemudian saya memberi soal kepada mereka untuk latihan agar mereka makin mengerti. Untuk anak kelas 8 saya mengajarkan materi aljabar. Sama seperti anak kelas 7, saya mengajarkan melalui soal kemudian memberikan soal latihan yang saya buat sendiri,


Pada hari pertama mengajar, saya, Hanny, berkenalan dengan anak yang akan saya ajarkan. Saya mengajar 1 anak kelas 1 SMP. Saya mengajarkan pelajaran Olahraga, karena dia ada tugas pr yang harus dikumpulkan keesokan harinya. Materi pr olahraga tersebut tentang permainan sepak bola. Saat anak tersebut kesulitan menjawab soalnya saya membantu mencari kan jawbannya. Setelah selesai mengerjakan pr, saya menanyakan lagi soal - soal yang sudah dikerjakannya tadi, agar dia ingat dan tidak lupa dengan materi yang telah dia pelajari tadi. Setelah itu, saya menanyakan soal - soal di materi sebelumnya.


Chudi Adany


Saya, Chudi, sebelum belajar saya berkenalan dengan anak anak yang saya ajarkan. Saya mengajar 5 anak kelas 1 SD. Ini merupakan pengalaman pertama saya untuk mengajar, saya mengajarkan Matematika dasar seperti penjumlahan dan pengurangan. Saya akui mereka sangat semangat untuk belajar dan saya pun ikut semangat dalam mengajar. Diantara 5 anak itu ada juga yang belum bisa membaca, jadi saya juga mengajarkan membaca. Pada hari itu setiap anak saya kasih soal latihan matematika 10 nomor. Setelah selesai mengerjakan soal latihan yang saya kasih, saya ajarkan perkalian. Perkalian dasar 1-5, lalu saya kasih soal latihan kembali. Tetapi ada juga ada yang tidak mau mengerjakan soal-soal latihan karna dia hanya ingin bermain saja, tidak mau belajar. Kalo ada anak yang seperti ini biasanya langsung dikasih tau kepada Bu Sri agar anak tersebut mau ikut belajar. Setelah selesai semuanya mereka meminta saya untuk membuatkan soal lagi untuk pr, lalu saya membuatkan soal untuk pr mereka. Lalu saya membuat pertanyaan untuk mereka agar mereka terlatih untuk menghitung cepat, dan menanyakan materi nperklian yang sudah saya berikan tadi untuk mengingat kembali apa yang sudah dipelajairi.


1.Sri Nurhyati 2. Ersa Dwika

Saya, Ersa, sebelum belajar saya berkenalan dengan anak anak yang saya ingin ajarkan. Saya mengajar anak kelas 1 SD 2 orang. Pertama-tama saya menanyakan materi apa yang akan dipelajari hari ini. Setelah itu, saya mengajarkan mereka matematika dengan materi penjumlahan, pertambahan dan perkalian bilangan kecil. Saya memberikan mereka beberapa latihan soal yang saya buat sendiri untuk mereka kerjakan. Mereka juga tidak lupa untuk meminta saya memberikan PR. Sebelum bimbel berakhir, untuk mengisi waktu saya sempat mengajarkan mereka bahasa inggris.


Saya, Sri, sebelum proses belajar dimulai saya bekenalan terlebih dahulu dengan anak-anak yang saya ajarkan. pada saat itu saya mengajar kelas 5 SD mereka berjumlah tiga orang. Pembelajaran yang saya sampaikan adalah Ilmu Pendidikan Sosial yang mencakup kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia dan pembagian waktu diwilayah Indonesia. setelah penyampaian materi selesai saya meminta kepada anak-anak untuk menghafal daerah mana saja yang termasuk kedalam Indonesia bagian barat (WIB), Indonesia bagian timur (WIT), dan Indonesia bagian tengah (WITA). Tujuannya agar mereka mengetahui perbedaan waktu diwilayah Indonesia.

Jam Dinding sudah menunjukkan pukul 15.30, waktunya selesai mengajar dan Bu Sri meminta adik-adik untuk duduk dengan rapih. Di akhir sesi belajar ini, bu Sri meminta kami kakak pengajar untuk mengevaluasi materi yang tadi sudah diajarkan dengan memberikan pertanyaan kepada adik-adik. Satu persatu bu Sri menyebutkan salah satu nama adik-adik dan menanyakan kepada anak tersebut siapa yang mengajarkan dia dan materi apa yang telah dipelajari olehnya. Setelah adik-adik dapat menjawab pertanyaan yang kami berikan, mereka boleh langsung pulang kerumahnya. Dan begitulah cara kami menutup sesi belajar-mengajar hari ini.


Berikut adalah Form Evaluasi kelompok kami, yang sudah ditanda tangani oleh PIC Bimbel Sitanala yaitu Bu Sri Yatmo
Laporan Evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar